Kamis, 07 Februari 2019

Kegiatan Harian 07/02/2019

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

     
        Hello guys, kembali lagi dalam cerita saya yang dimana seperti biasa saya akan bercerita tentang kegiatan yang saya dan teman-teman lakukan pada hari ini. Tidak lupa saya ucapkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas kasih sayangnya saya dapat melaksanakan praktek pada hari ini dalam keadaan sehat walafiat. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen serta para senior yang masih terus membimbing kami walaupun kami masih sering saja melakukan kesalahan. Ok mari kita mulai cerita tentang kegiatan apa saja yang saya lakukan hari ini.

        Seperti biasa di hari yang mendung ini saya mulai kembali beraktifitas seperti biasa saya bangun  pukul setengah lima sambil menunggu adzan subuh saya membaca kembali apa yang telah saya baca tadi malam yaitu tentang choux pastry karena hari ini kami akan praktek membuat choux pastry setelah sholat subuh saya bersiap-siap untuk berangkat ke kampus Saya mandi sarapan dan berangkatlah saya Saya berangkat dari rumah pukul jam 07.30 yang tiba di kampus pukul 08.00.

        Sampai di kampus saya bersiap-siap untuk melakukan online online ini bertujuan untuk menertibkan teman-teman bila ingin masuk ke dalam kitchen hari ini seperti yang telah kita ketahui selama kita melakukan praktek pasti ada ada seseorang atau lebih yang ditugaskan untuk mengincar kami dan tugas In charge saat ini adalah semester 4 salah satunya adalah Kak Daniel selesai diabsen kami pun berkumpul di dalam pastry

        Seperti yang telah kita sepakati kemarin bahwa praktik hari ini yaitu choux pastry. Choux pastry sendiri terbagi menjadi dua. Tapi sebelum masuk lebih dalam biasanya para senior akan bertanya pada kami tentang terminolgi dari choux pastry itu sendiri. Ok kita lanjut yang tadi dimana choux pastry memiliki bentuk dasar ada 2 yaitu eclairs dan cream puff disitulah tadi Pak Ical menjelaskan hal tersebut sambil mejelaskan Pak Ical juga memberi contoh bagaimana membuat choux pastry yang baik dimulai dari bahan-bahan yg akan dipakai, proses pembuatannya, proses pendinginannya sampai proses membentuk adonan tersebut. Setelah showing Pak Ical pun memerintahkan kami untuk membuat sama seperti itu.

        Kamipun mulai membuat sesuai yang diperlihatkan oleh Pak Ical tadi. Ternyata dalam kenyataanya membuat itu lebih susah daripada ketika kita melihat atau menonton Pak Ical showing. Ada beberapa kelompok yg mengulang membuatnya bahkan sampai 2x mengulang. Ketika kami sedan asik membuat choux pastry secara tidak sadar kami tidak melihat waktu. Ternyata waktu menunjukkan pukul 12.00 padahal kami kurang sedikit lagi akan mengebake adonan tersebut. Akhirnya kami menyerahkan kepada salah satu teman kita untuk menjaga oven tersebut.

        Kamipun menuju ke masjid dan menunaikan ibadah sholat dzuhur. Setelah solat kamipun kembali ke kitchen karena sebelum sholat senior telah memberi arahan kepada kita untuk langsung kembali ke kitchen setelah sholat. Sesampainya di kitchen kami oneline kembali karena akan diberi pengarahan tentang bagaimana cara mengisi kue sus serta menjelaskan isian apa saja yang bisa diisi untuk kue sus. Setelah kami semua sudah siap Pak Ical pun datang dan memberi contoh dan memberi penjelasan tentang isi kue sus. Seingat saya kemarin senior memerintahkan kita untuk membuat pastry cream, akhirnya kita tau bahwa tujuan dibuatnya pastry cream adalah untuk hal ini.

        Kami pun mulai mencoba untuk mengisi kue sus yang sudah jadi. Setelah selesai mengisi kue sus kami diperintahkan untuk oneline yang bertujuan untuk membagi tugas dalam general cleaning. Setelah dibagi kamipun mulai general cleaning sesuai tugas yang telah dibagi. Setelah general cleaning kamipun keluar dari kitchen. Kamipun diperintahkan untuk menghabiskan kue sus yang telah kita buat setelah itu baru oneline. Dan tujuan oneline ini adalah untuk persiapan pulang. Kami berdoa sesuai dengan agama masing-masing dan kamipun pulang menuju tempat tinggal masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar